Selasa, 26 Juni 2018

Tentang Volunteer

Volunteer SIC Bersama Anak didik Pustaka Harapan Baho
Tentang Volunteer

Kata Volunteer tentu sudah akrab di telinga sebagian besar orang. Ya, terutama sih bagi mereka yang gemar untuk berorganisasi. Tetapi, bagi sebagian lainnya, kata ini mungkin masih asing ya. Jadi, buat kamu yang enggak tahu apa itu volunteer, yuk simak ulasan berikut ini ya.
Arti dari volunteer adalah sukarelawan. Biasanya volunteer bekerja pada organisasi di luar pemerintahan (Non Govermental Organization). Volunteer dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan, seperti problem kemanusiaan, bencana alam, hingga masalah kebijakan publik. 
Peran volunteer sangatlah besar dalam mendukung pergerakan secara aktif. Volunteer menawarkan dirinya untuk terlibat langsung dalam suatu pergerakan sosial.
Hebatnya, karena dilakukan secara sukarela, mereka tidak mengharapkan kompensasi. Meski para volunteer ini tidak mendapatkan bayaran secara materiil, namun ada banyak hal yang didapat. Pertama, para volunteer akan mendapatkan sertifikat, surat referensi, hadiah, mengembangkan diri dan menggeluti bidang yang disukai.
Selain mendapatkan pengetahuan baru, volunteer juga dapat lebih mengenal organisasi yang bersangkutan. Ditambah lagi, teman-teman sesama volunteer juga bisa loh menjadi aset bagi mereka alias sebagai upaya membangun networking yang lebih luas.
Biasanya volunteer berumur antara 19-40 tahun. Banyak loh anak muda yang gemar menjadi volunteer di beberapa kegiatan. Untuk menjadi volunteer, kamu harus menentukan apa kemampuan kamu dan mulai memilih organisasi mana, contohnya organisasi yang bergerak dalam bidang sosial, kemanusiaan atau bidang lainnya.
Menurut Karina Kurnia, mahasiswi Surya University jurusan technopreneurship, yang juga gemar menjadi volunteer di beberapa kegiatan, syarat mutlak untuk menjadi seorang volunteer tidaklah sulit. Berikut syarat menjadi volunteer:


1. Ikhlas dan Senang

Menjadi volunteer haruslah iklas membantu dan harus memiliki kesenangan dalam menolong. Ketika kamu memiliki dua poin tersebut, kamu tidak akan kesulitan saat dihadapkan dengan pekerjaan yang berat sekalipun. Iklas dan Senang adalah pondasi awal untuk melancarkan kegiatan sebagai seorang volunteer. setelah itu terpenuhi, maka sebaiknya kamu fokus pada apa yang kamu minati.


2. Memilih Bidang yang Kita Minati

Motivasi saat kamu ingin menjadi volunteer haruslah jelas. Kamu harus memilih bidang yang sesuai dengan apa yang kamu minati atau kuasai. Misalnya saja nih, kamu gemar mengajar. Maka, kamu dapat bergabung dengan kelas inspirasi. Atau kamu suka terhadap kegiatan konservasi alam, maka kamu bisa bergabung dengan organisasi lingkungan yang banyak tersedia baik nasional ataupun internasional.


Setelah kamu mengetahui apa itu volunteer dan bagaimana menjadi volunteer, dan keuntungan apa saja yang didapat, kamu tertarik akan menjadi volunteer dalam bidang apa nih? Selamat menjadi volunteer dan mendapatkan hadiah yang lebih berarti dibandingkan uang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar