Selasa, 26 Juni 2018

Mumpung Masih Muda, Yuk Jadi Volunteer !

Mumpung Masih Muda, Yuk Jadi Volunteer !
Rutinitas kuliah pasti sering bikin Updaters jadi jenuh dan capek karena kegiatan yang itu-itu aja. Kalo nggak kuliah, paling kerjain tugas sama teman-teman, atau mungkin cuma nongkrong di cafe atau mall terus pulang.
Pasti ada saatnya lo jadi jenuh dan males banget untuk melakukan kegiatan lo sehari-hari. Padahal, sebenarnya banyak banget kegiatan selain kuliah dan nongkrong yang bisa Updaters lakuin lho !
Mencoba jadi volunteer disebuah acara bisa jadi solusi buat Updaters yang pengen cari kegiatan seru selain kuliah. Nggak hanya bisa seneng-seneng, tapi lo juga bisa dapat segudang pegalaman yang pastinya ga akan lo dapatkan di kampus.
Saat ini, udah banyak banget acara-acara yang mencari volunteer untuk membantu. Mulai dari acara konser musik, acara kegiatan sosial, sampai acara olahraga biasanya mencari volunteer untuk membantu acara mereka. Posisi yang ditawarkan juga berbagai macam, mulai dari registrasi, seksi acara, Liaison Officer, fotografer, usher dan masih banyak lagi, tergantung kebutuhan dari acara yang diadakan.
Apa sih manfaat yang Updaters dapatkan ketika menjadi volunteer ? Jawabannya adalah ‘Banyak Banget !!’. Ketika lo menjadi volunteer disebuah acara, lo akan dapat pengalaman yang nggak akan terlupakan dan berharga banget. Beberapa manfaat yang menurut gue akan lo dapat ketika menjadi volunteer adalah :
  1. Membuat diri lo lebih terbuka dan mendorong diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman.
Nggak semua orang terbiasa berinteraksi dengan banyak orang atau kadang kalo ketemu orang yang baru dikenal suka ngerasa malu-malu. Nah, ketika lo menjadi volunteer, semua ketakutan-ketakutan yang lo punya harus lo singkirkan supaya lo bisa melakukan tugas lo dengan baik. Keluar dari zona nyaman bukan hal yang mudah, tapi ketika lo berusaha pasti bisa kok !
  1. Menemukan bakat baru.
Biasanya ketika jadi volunteer di sebuah acara, lo akan mendapatkan tantangan dan kesempatan baru yang sebelumnya belum pernah lo coba. Melalui tantang tersebut akhirnya lo menyadari kalo sebenarnya lo bisa. Misalnya, selama ini lo ngerasa jago ngomong dan punya kemampuan buat ngeMC, tapi lo minder karena belum punya pengalaman. Pas jadi volunteer ternyata acaranya membutuhkan MC dan lo yang disuruh sama panitianya. Ternyata lo sukses membawakan acara tersebut dengan baik. Melalui kesempatan yang lo dapat, akhirnya lo bisa tahu kalo sebenernya lo bisa dan lo jadi lebih pede untuk ngeMC di kesempatan lain.
  1. Kebebasan bereksperimen dan tempat untuk mengekspresikan ide kreatif lo.
Dikehidupan sehari-hari, mungkin ide yang unik dan out of the box yang lo pikirin nggak bisa lo terapkan. Tapi ketika lo jadi volunteer yang bertugas untuk menyukseskan acara, nggak jarang ide-ide unik itu dibutuhkan. Nah, ini jadi kesempatan buat lo yang pengen menyalurkan ide-ide yang selama ini terpendam.
  1. Memperluas jaringan.
Ketemu orang-orang baru pastinya akan memperluas pergaulan lo. Kalo biasanya teman-teman lo hanya yang satu kampus, setelah menjadi volunteer lo bisa kenalan dengan sesama volunteer yang berasal dari kampus lain.
Banyak banget manfaat-manfaat yang bisa lo dapatkan ketika menjadi seorang volunteer. Selain pengalaman dan juga teman baru, pastinya ada nilai-nilai kehidupan yang akan lo dapatkan juga. Semua itu nggak akan bisa lo dapatkan dibangku kuliah atau dibuku manapun.
Kalo misalnya Updaters tergugah dan kepengen untuk jadi volunteer, saat ini banyak banget sumber informasi yang menyediakan kesempatan untuk menjadi volunteer diberbagai event.
Biasanya sih penyelenggara acara akan meminta CV lo dan mengadakan beberapa tahapan seleksi untuk melihat keseriusan lo sebagai volunteer. Tapi tahapan seleksi tersebut worth it dengan pengalaman yang akan lo dapatkan, bahkan kadang pengalaman tersebut nggak bisa dibeli dengan uang !
Makanya, tunggu apalagi ? Mumpung masih muda, yuk jadi volunteer !
Sumber : KampusUpdate.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar